KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
DAERAH KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
RESOR PANGKALPINANG
LAPORAN HASIL KEGIATAN
PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (ikm)
DI BIDANG PELAYANAN PENERBITAN SKCK
SAT INTELKAM POLRES PANGKALPINANG
bulan agustus 2022
I. PENDAHULUAN
A. Umum
Perubahan-perubahan yang terjadi pada dinamika kehidupan masyarakat sebagai dampak dari bergulirnya agenda reformasi yang menginginkan adanya perubahan mendasar pada semua lini birokrasi pemerintahan termasuk birokrasi pelayanan Polri khususnya pelayanan Skck oleh Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang;
Sudah banyak hal yang telah dilakukan oleh Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang dalam mengimplementasikan tuntutan masyarakat pemohon Skck untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik dalam pengurusan mendapatkan Skck, dalam arti lebih baik dibidang pelayanan yang profesional, proporsional, proseduran dan tranparansi.
Untuk menjawab tuntutan memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih prima, Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang senantiasa berapresiasi menciptakan sistim pelayanan yang mudah, murah, cepat dan humanis melalui banyak inovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih prima dibidang penerbitan Skck di kantor Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang.
Dalam rangka mengukur sejauhmana tingkat keberhasilan perbaikan sistim pelayanan yang ditingkatkan oleh Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang dalam pelayanan penerbitan Skck, Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang melakukan serangkaian kegiatan penilaian terhadap kepuasan masyarakat melalui kuisioner kepuasan pelanggan guna mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dalam pelaksanaan pelayanan Penerbitan Skck pada Kantor Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang.
B. Dasar
- Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;
- Kep Kapolri Pol. : Kep/37/X/2008 Tanggal 27 Oktober 2008 ttentang program akselerasi transformasi Polri menuju Polri yang mandiri, profesional dan dipercaya masyarakat;
- Surat Edaran Kapolri Nomor: SE/11/VII/2010 tentang Mekanisme Administrasi Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri.
C. Maksud dan Tujuan
- Maksud
Untuk memberikan gambaran kepada pimpinan tentang pelaksanaan kegiatan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang dalam rangka mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan inovasi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di bidang pelayanan penerbitan Skck pada kantor Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang melalui kuisioner kepuasan di Kantor Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang.
- Tujuan
Penyusunan laporan ini bertujuan untuk dapat dijadikan petunjuk dan pedoman bagi seluruh petugas Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang dalam memberikan pelayanan yang lebih baik pada waktu-waktu mendatang;
Pelaksanaan penilaian kepuasan masyarakat pada pelayanan penerbitan Skck bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan peningkatan mutu pelayanan penerbitan Skck yang telah dilaksanakan oleh Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang sehingga diharapkan Indek Kepuasan masyarakat pada pelayanan Skck dapat terpenuhi.
D.Ruang Lingkup
Ruang lingkup penyusunan Laporan ini dibatasi penyajiannya tentang rangkaian kegiatan penilaian terhadap Indeks Kepuasan masyarakat dibidang pelayanan penerbitan Skck oleh Pelayanan Skck Polres Pangkalpinang menuju yang professional, modern dan terpercaya.
E. Tata Urut
I.PENDAHULUAN
- UMUM
- DASAR
- MAKSUD DAN TUJUAN
- RUANG LINGKUP
- TATA URUT
II. HASIL SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PEMOHON SKCK
- HASIL SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT BULAN JANUARI
- ANALISA SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
III.PENUTUP
- KESIMPULAN
- SARAN
II. HASIL SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PEMOHON SKCK SEBAGAI BERIKUT :
- Dalam pelaksanaan bulan Agustus 2022 ditemukan Responden Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) sebanyak 71Responden dengan pernyataan sebagai berikut :
- KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
- Bagaimana informasi tentang pelayanan yang diberikan baik melalui bentuk fisik seperti spanduk, banner, poster, Web maupun melalui media online?
- Sangat Tidak Memadai
- Tidak Memadai
- Kurang Memadai
- Cukup Memadai
- Memadai
- Sangat Memadai
- Apakah Bapak/Ibu sudah memahami dengan jelas informasi persyaratan layanan yang diberikan?
- Sangat Tidak Jelas
- Tidak Jelas
- Kurang Jelas
- Cukup Jelas
- Jelas
- Sangat Jelas
- Apakah informasi persyaratan layanan yang diterima sudah sesuai dengan informasi yang diberikan?
- Sangat Tidak Sesuai
- Tidak Sesuai
- Kurang Sesuai
- Cukup Sesuai
- Sesuai
- Sangat Sesuai
- Apakah Bapak/Ibu memahami dengan jelas alur / prosedur pelayanan?
- Sangat Tidak Jelas
- Tidak Jelas
- Kurang Jelas
- Cukup Jelas
- Jelas
- Sangat Jelas
- Apakah alur / prosedur pelayanan berjalan sesuai dengan yang diinformasikan?
- Sangat Tidak Sesuai
- Tidak Sesuai
- Kurang Sesuai
- Cukup Sesuai
- Sesuai
- Sangat Sesuai
- Apakah Bapak/Ibu memahami dengan jelas jangka waktu penyelesaian pelayanan?
- Sangat Tidak Jelas
- Tidak Jelas
- Kurang Jelas
- Cukup Jelas
- Jelas
- Sangat Jelas
- Apakah jangka waktu pelayanan yang diterima sudah sesuai dengan informasi yang diberikan?
- Sangat Tidak Sesuai
- Tidak Sesuai
- Kurang Sesuai
- Cukup Sesuai
- Sesuai
- Sangat Sesuai
- Apakah Bapak/Ibu sudah memahami dengan jelas informasi biaya pelayanan?
- Sangat Tidak Jelas
- Tidak Jelas
- Kurang Jelas
- Cukup Jelas
- Jelas
- Sangat Jelas
- Apakah biaya yang dibayarkan sesuai dengan informasi biaya?
- Sangat Tidak Sesuai
- Tidak Sesuai
- Kurang Sesuai
- Cukup Sesuai
- Sesuai
- Sangat Sesuai
- Bagaimana menurut Bapak/Ibu fasilitas pelayanan seperti ruang tunggu, toilet, tempat parkir, area bermain anak?
- Sangat Tidak Baik
- Tidak Baik
- Kurang Baik
- Cukup Baik
- Baik
- Sangat Baik
- Apakah menurut Bapak/Ibu petugas telah memberikan pelayanan dengan cepat?
- Sangat Tidak Cepat
- Tidak Cepat
- Kurang Cepat
- Cukup Cepat
- Cepat
- Sangat Cepat
- Apakah petugas pelayanan dapat dikenali dengan mudah misalnya menggunakan seragam, tanda pengenal?
- Sangat Tidak Mudah
- Tidak Mudah
- Kurang Mudah
- Cukup Mudah
- Mudah
- Sangat Mudah
- Apakah petugas melayani dengan ramah (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun)?
- Sangat Tidak Ramah
- Tidak Ramah
- Kurang Ramah
- Cukup Ramah
- Ramah
- Sangat Ramah
- Apakah layanan konsultasi / pengaduan pelayanan sudah tersedia?
- Sangat Tidak Tersedia
- Tidak Tersedia
- Kurang Tersedia
- Cukup Tersedia
- Tersedia
- Sangat Tersedia
- Apakah prosedur untuk konsultasi dan pengaduan pelayanan mudah?
- Sangat Tidak Mudah
- Tidak Mudah
- Kurang Mudah
- Cukup Mudah
- Mudah
- Sangat Mudah
- Bagaimana respon petugas dalam menerima konsultasi dan pengaduan?
- Sangat Tidak Cepat
- Tidak Cepat
- Kurang Cepat
- Cukup Cepat
- Cepat
- Sangat Cepat
- PERSEPSI ANTI-KORUPSI
- Terdapat diskriminasi / pilih kasih dalam pelayanan
- Sangat Setuju
- Setuju
- Cukup Setuju
- Kurang Setuju
- Tidak Setuju
- Sangat Tidak Setuju
- Terdapat pelayanan diluar prosedur/kecurangan pelayanan
- Sangat Setuju
- Setuju
- Cukup Setuju
- Kurang Setuju
- Tidak Setuju
- Sangat Tidak Setuju
- Terdapat penerimaan imbalan uang/barang/fasilitas/hadiah diluar ketentuan yang berlaku
- Sangat Setuju
- Setuju
- Cukup Setuju
- Kurang Setuju
- Tidak Setuju
- Sangat Tidak Setuju
- Terdapat pungutan liar (pungli)
- Sangat Setuju
- Setuju
- Cukup Setuju
- Kurang Setuju
- Tidak Setuju
- Sangat Tidak Setuju
- Terdapat calo/perantara tidak resmi
- Sangat Setuju
- Setuju
- Cukup Setuju
- Kurang Setuju
- Tidak Setuju
- Sangat Tidak Setuju
- Analisa Hasil Survey Kepuasan Masyarakat :
- Kualitas Pelayanan Publik
Dari hasil analisa survey indeks kepuasan masyarakat, Unit pelayanan SKCK telah menunjukan kinerja yang SANGAT BAIK dengan rata-rata nilai Indeks Kepuasan 85.00 %
III. PENUTUP
- KESIMPULAN DAN SARAN
- KESIMPULAN
Dari temuan diatas dapat disimpulkan bahwa kinerja Unit Pelayanan SKCK Sat Intelkam Polres Pangkalpinang sudah BAIK, dan harus selalu ditingkatkan lagi untuk kepuasan masyarakat dalam pembuatan SKCK.
- SARAN
Agar apa yang telah tercapai didalam Pelayanan Sat Intelkam Polres Pangkalpinang untuk dipertahankan dan tidak cepat puas terhadap apa yang telah dicapai serta yang sudah baik agar lebih ditingkatkan lagi.
Demikian Laporan hasil kegiatan Penilaian Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dibidang pelayanan penerbitan SKCK Bulan Agustus tahun 2022 Sat Intelkam Polres Pangkalpinang ini dibuat sebagai masukan untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam mengambil kebijaksanaan lebih lanjut.